Holy-Cross

Holy-Cross
Holy-Cross

Rabu, 11 Agustus 2010

Allah adalah Roh

Yohanes 4:24
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami." Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."


Kesatuan Allah:

Markus 12:29

Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.

And Jesus answered him, The first of all the commandments is, Hear, O Israel; The Lord our God is one Lord:

o de ihsouv apekriyh autw oti prwth paswn twn entolwn akoue israhl kuriov o yeov hmwn kuriov eiv estin


1 Korintus 8:6 namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

But to us there is but one God, the Father, of whom are all things, and we in him; and one Lord Jesus Christ, by whom are all things, and we by him.

all hmin eiv yeov o pathr ex ou ta panta kai hmeiv eiv auton kai eiv kuriov ihsouv cristov di ou ta panta kai hmeiv di autou


Perhatikan kedua ayat ini sangat berhubungan:

PENEKANAN nya Markus 12:29 …..Tuhan itu esa….latin=kuriov eiv estin.

Penggunaan kuriov menunjuk pada YESUS KRISTUS seperti dalam 1 korintus 8:6 …… eiv auton kai eiv kuriov ihsouv cristov.


Lebih Rinci lagi: Yesus Kristus adalah Tuhan dan tidak bisa dipisahkan dari makna ke-Allah-an, dengan demikian kita akan mengerti dengan jelas bunyi ayat Markus 12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa

perhatikan bagian terakhir Tuhan itu esa = Kurios itu esa= Yesus itu esa. Jadi dengan demikian sebagaimana kata Tuhan dan Allah tidak dipisahkan atau pengertiannya sama, bagian awal Markus 12:29…,TUHAN ALLAH kita,…. Maka YESUS tidak Terpisahkan sebagai Allah.


Ayat ini Menekankan:

Yohanes 14:10-11
Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Roma 11:36

Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

Ayat terakhir:
Roma 15:6
sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus.




http://www.bersamadia.com/2010/03/allah-adalah-roh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar