Holy-Cross

Holy-Cross
Holy-Cross

Kamis, 02 September 2010

TRINITAS dalam ALKITAB

1 Yohanes 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan KETIGANYA ADALAH SATU. --> Bukti TRINITAS dalam ALKITAB

Polemik berkepanjangan mengenai TRINITAS, sejak YESUS lahir hingga saat ini tetap terjadi, “ALLAH menjadi manusia” itulah problem dasar LOGIKA manusia yang tidak sanggup memahami, dan dalam ketidak pahaman manusia menalar lewat LOGIKA maka ditarikalah kesimpulan bahwa “TIDAK MUNGKIN” Allah mau / bisa menjadi manusia. Disisi lain pernyataan tersebut secara tidak sengaja membatasi “KEMAMPUAN ALLAH”. Bukankah ALLAH sendiri yang menciptakan segala sesuatu? Dari tidak ada menjadi ada !

Apa alas an membatasi ALLAH mengubah diri-Nya menjadi manusia ?
TIDAK ADA !! alas an manusiawi yang dapat disetarakan sebagai alas an untuk membatasi ALLAH dalam rencan dan pekerjaan-Nya, dasar permasalahan utamanya bukan soal “bisakah” atau “tidak mungkin” ALLAH mengubah dirinya menjadi manusia, namun LOGIKA manusi a yang lahir dari pengalaman-pengalaman NATUR alami berdsarkan konsep “Humanis” yang menolak peristiwa supranatural tersebut.

Apa yang diperlukan untuk memahami peristiwa supratanural tersebut?
Jalan satu-satunya adalah memahami dengan Iman ALKITAB dengan jelas memberitahukan apa IMAN itu:
Ibrani 11:1 (defenisi Iman) Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
Ibrani 11:3 (Aplikasi Iman) Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

SEKARANG!! Kembali ke Ayat Pokok Pembahasan (1 Yohanes 5:7)
1 Yohanes 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan KETIGANYA ADALAH SATU.
Kita mengenal dengan pasti bahwa Bapa adalah ALLAH sendiri,
dan Roh Kudus adalah ALLAH yang mengerjakan,
Apakah Firman yang dimaksud pada ayat ini?

Mari kita membaca ayat berikut ini:
Yohanes 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Sebelum mengupas makna dari ayat ini mari kita lihat ayat berikutnya:
Yohanes 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Siapakah Anak Tunggal Bapa ini? Ayat berikut memberikan Identitas siapa Sang Firman ini.
Filipi 2:5-11
Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

--- JELAS DISINI ---
bahwa Sang Firman itu adalah YESUS KRISTUS sendiri !!
1 Yohanes 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan KETIGANYA ADALAH SATU

1. Bapa
2. Firman = Yesus Kristus
3. Roh Kudus
KETIGANYA ADALAH SATU

Mengapa ALLAH dapat mengubah dirinya menjadi manusia?
Jawabanya: Lukas 1:37 Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar